Sumpah Pemuda itu...


Menghitung mundur beberapa hari yang lalu, tepatnya 28 Oktober. Memang terlalu banyak hari besar di Indonesia tapi apakah ada yang lupa jika tanggal 28 Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda? 

Anak muda memang minim pengalaman karena itu ia tak tawarkan masa lalu, anak muda tawarkan masa depan. Bagi anak muda, mempelajari sejarah itu baik tapi membuat sejarah itu jauh lebih lebih baik. Tua jika yang dibicarakan masa lalunya, muda jika yang dibicarakan masa depannya.  Yang menarik dari anak muda ialah kebaruannya. Tanpa kebaruan, hitungan umurnya bisa kecil, tapi sesungguhnya ia sudah tua (Anies Baswedan on twitter)

Melalui komunitas, gerakan atau  personal banyak yang memperingati harinya para pemuda itu. Di Bandung sana, ada sekelompok muda yang menamakan  Indonesia Cahangemakers yang mendeklarasikan Sumpah Pemuda Jilid 2.0. Para mahasiswa UGM mencetuskan deklarasi pemuda nusantara. Dan saya, memaknai sumpah pemuda dengan sederhana saja, serangkaian refleksi dan optimism. Selamat hari sumpah pemuda, berbangsa satu, bertanah air satu dan berbahasa satu, Indonesiaaa !


0 komentar:

Posting Komentar

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects