Jogja Robot Under Attack 2011 !

Jogja Robot Under Attack 2011, semacam pameran robot dan teknologi yang dipadukan dengan Kontes Robot Tingkat Nasional. Acara ini dipersembahkan oleh DIKTI yang dikemas dengan sangat berbeda karena UGM menjadi tuan rumah event ini. Pameran ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat luas bahwa di Indonesia perkembangan robot dan teknologi sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pameran yang berisi stand robot dan teknologi dari seluruh Indonesia ini dikumpulkan di Jogjakarta, tepatnya di GSP UGM sehingga memunculkan suatu image bahwa "Jogja sedang diserang robot"

Pada postingan ini, saya akan lebih menekankan tentang pamerannya karena hasil akhIr kontes robot baru bisa dilihat besok. Dan saya berharap, Gadjah Mada bisa menjuarai seluruh kategori kontes tersebut karena hasil UGM pada Kontes Robot Indonesia Regional III di UNY beberapa waktu lalu berhasil menjadi Juara 1 , Best Design, Best Strategy pada KRI, KRCI berkaki sebagai Juara 1, Best Algoritma, KRCI beroda sebagai Juara 1, Strategi terbaik dan KRCI battle sebagai Juara 2. Oke, kembali bahas pamerannya.

Sebagai mahasiswa farmasi, yang notabene kiprahnya di dunia kesehatan, saya amat sangat tertarik deengan robot buatan Universitas Udayana yaitu Robot Family Medicine Device (FAMED). Robot ini didesain untuk menggantikan tugas dokter. Jika kita tengok salah satu permasalahan kesehatan Indonesia, yaitu tidakmeratanya tenaga kesehatan di berbagai penjuru Indonesia, robot ini bisa dijadikan solusinya. Kerjanya cukup simple, Dokter berposisi di kota A sedangkan pasien berada di posisi B (yang lokasinya jauh dari tempat A), melalui sebuah layar, robot bisa menirukan gerakan dan intruksi dari dokter yang berada di tempat A. Semacam yang sering kita lihat di film film, kawan :)

Sebagai tuan rumah, UGM juga menunjukkan mahakarya yang luar biasa. Yaa, ini kandang kita kawan, ayo tunjukkan siapa kita ! Semar, mahakarya mahasiswa UGM Fakultas Teknik Mesin dan Teknik Indsutri yang luar biasa !! Semar merupakan permodelan mobil masa depan yang hemat BBM, ramah lingkungan dan ringan."Semar" dapat melaju dengan konsumsi bahan bakar seminimal mungkin, sehingga menjadi kendaraan ramah lingkungan, karena dengan jarak tempuh 1.000 km hanya mengonsumsi BBM 1 liter bensin. Sungguh, Indonesia memang menjadi gudangnya para ilmuwan.

Selain stand stand robotic dari berbagai univ di Indonesia, acara ini juga dimeriahkan dengan dance competition, music performence, pertunjukkan film, games dan masih banyak lagi. Well, masih banyak lagi yang belum saya tuliskan, jika teman teman penasaran, silahkan datang ke Grha Sabha Pramana (GSP UGM) pada tanggal 11 dan 12 Juni 2011 dengan tiket masuk pameran hanya limaribu rupiah saja dan tiket masuk untuk kontes robot juga hanya lima ribu rupiah saja. Jika ingin menjadi supporter UGM, silahkan menggunakan dresscode merah dan datang sejak pagi karena tiket untuk kontes akan cepat terjual (baca : tiket hari ini sudah habis sejak jam 8 pagi)

SEMANGAT MERAHKAN GSP UGM !
foto : fb supporteran ugm, web ugm

5 komentar:

  1. bagi temen temen yang belum bisa datang ke GSP UGM, dapat melihat kontes robot nasional ini melalui video live streaming http://media.ugm.ac.id/streaming1/

    BalasHapus
  2. aioo nyusup agii fee ^^v

    BalasHapus
  3. mba yuli : iyaa mbaaaa, sangat menarik !

    BalasHapus
  4. anonim : sita yaaaa ? ogah ahh :p

    BalasHapus

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects