Tanam Mimpi di SMA 9 Yogyakarta

Nidji mendefiniskan mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia. Bondan Prakoso mengatakan dalam lagunya bahwa hidup berawal dari mimpi. Yaaa, semua hal besar yang terjadi, berawal dari sebuah mimpi besar. Dengan mimpi, hidup kita menjadi punya tujuan yang jelas. Mimpi yang besar dan fokus akan menjadikan hidup lebih terarah. Mimpi dapat dijadikan semangat untuk menjalani kehidupan. Halangan berubah menjadi tantangan dan kesulitan berubah menjadi semangat yang tak berkesudahan. Semua itu berawal dari sebuah mimpi :)

Berbeda dengan orang yang tidak mempunyai mimpi. Tenaga, waktu dan pikirannya akan digunakan dengan kurang optimal. Pribadi yang tidak mempunyai mimpi akan cenderung malas dan cepat puas dengan apa yang diraihnya sekarang. So, beranilah bermimpi :)

MahaMentor ke SMA 9 Yogyakarta

22 Agustus 2011, hari ini, Tim MahaMentor melaksanakan kegiatan tanam mimpi di SMA 9 Yogyakarta. Setelah sebelumnya, sukses menanamkan mimpi mimpi siswa SMA 1 Imogiri dan SMA N 5 Yogyakarta. MahaMentor diinspirasi oleh institusi pendidikan di Korea (Gongsin) yang diwakili oleh salah satu pendirinya yang dikirim ke Indonesia sebagai program international cooperation agency dari pemerintah Korea. Berusaha mengintegrasikan seluruh pihak untuk dapat memiliki peran dalam membantu siswa menentukan dan meraih masa depanya. MahaMentor dimulai sejak 5 mei 2011 dengan konsep dasar mentoring yang dilakukan oleh mahasiswa kepada para siswa. Tanam mimpi ini diharapkan dapat membantu adik SMA agar berani bermimpi, mendapatkan motivasi dan pencerahan pengetahuan tentang dunia perkuliahan. Selama ini, banyak siswa SMA yang masih bingung mencari arah untuk menentukan masa depannya. MahaMentor mempunyai target untuk mengumpulkan 10.000 mimpi hingga akhir september nanti.

Saya mendapat jatah untuk menjadi mamen (sebutan mentor untuk MahaMentor-red) di kelas 12 1PA 4 bersama mamen Dion, mamen Nuvi, mamen Anita dan mamen paulina. Kegiatan tanam mimpi ini dilaksanakan secara paralel untuk siswa kelas dua belas SMA 9 Yogyakarta yang terdiri dari enam kelas. Tanggung jawab kami di kelas ini adalah memperkenalkan MahaMentor, memberikan penjelasan kenapa sih kita semua harus punya mimpi, mendampingi dalam penulisan mimpi selama 10 tahun ke depan (dijadikan TimeCapsule yang akan ditanam dan di cek setelah 10 tahun-red) serta sharing dan diskusi dalam pembuatan timeline untuk pencapaian mimpi.

Berani mimpi, berani sukses. Saya menjadi saksi bagaimana mimpi mimpi besar terlahir hari ini. Ada yang ingin menjadi presiden karena melihat kondisi bangsa Indonesia yang terpuruk. Ada yang bercita cita kerja di PT Freeport dengan alasan Indonesia sangat kaya dengan sumber daya alamnya, akan tetapi sumber daya alamnya belum diolah dengan optimal, dirinya ingin mengembangkan potensi SDA Indonesia. Ada yang ingin menjadi artis, penyanyi, penemu obat kanker, arsitek, wirausaha dan masih banyak lagi. Merinding juga ketika siswa meneriakkan dengan lantang : kami pasti bisa mewujudkan mimpi kami. Keoptimisan mereka membuat saya yakin, bahwa bangsa Indonesia memang akan menjadi bangsa besar di masa yang datang :)

2 komentar:

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects