Parlemen Muda Indonesia : Capacity Building

Jadwal kegiatan delgasi sangatlah padat. Aktivitas mulai jam tujuh pagi dan berakhir tengah malam setiap harinya. Belum lagi jika harus merevisi redaksi rekomendasi kebijakan, mempersiapkan speech sidang, dan maen maen. Terkadang sampai pagi dan bahkan sampai  shubuh, kami begadang ! Salah satu poin kegiatan Parlemen Muda Indonesia adalah pembangunan kapasistas or capity buliding. Pelaksanaanya di penginapan, Wisma Handayani, Jalan Fatmawati, Kompleks Kementrian Pendidikan Nasional. Belajar bersma orang orang hebat ! Biar ketularan hebat. hehehe

Pohon Masalah oleh Dyah Ayunico (Mc Kinsey)
Dacil, panggilan mbak Dyah Ayunico, bekerja di Mc Kinsey, perusahaan konsultan nomer satu di dunia! sesuatu banget :) Dalam pengembangan kapasitas yang pertama ini, kami belajar bagaimana menganalisis sebuah masalah, mengidentifikasi sebuah masalah agar bisa dicarikan sebuah solusi yang tepat. Terkadang, solusi yang diterapkan kita tuh salah karena kita salah dalam menentukan masalahnya. So, Identifikasi masalah itu penting banget banget !


Manajemen Projek oleh  Agni Yoga Airlangga (Ashoka Young Changemaker)
Well, kami para delegasi diwajibkan membuatkan proyek sosial di provinsi masing masing setelah acara parlemen muda selesai untuk mengembangkan masing masing provinsi asal delegasi. So, kamu dibekali sebuah ilmu baru, bagaimana membuat sebuah proyek sosial. Mentornya mas Agni, itu lhooo dari Ashoka Young Changemaker, buka aja web Ashoka Changemaker kalo mau tau. hehehe. Beliau berbagi tentang 4C yaitu Champion, Connect, Colaboration and Change dalam pembuatan proyek sosial.
Rezha dan Jaka lagi presentrasi
Panji dan Kak Azwar lagi unjuk gigi


Night of Inspiration oleh Iman Usman dan Afu (Indonesian Future Leaders)
 Iman dan Afu, dua duanya seumuran dengan saya, Tapi aksi sosial merek sungguh luar biasa menginpirasi. Mereka menceritakan kisah kisahnya dalam pendirian IFL dan pelaksanaan program-programnya. Tips fundraising dan tips pembuatan proyek sosial juga. 

Komunikasi Publik dan Kampanye oleh Arief Aziz  (TEDx Jakarta)
Lagi lagi bertemu orang hebat yang menginspirasi. Dialah kak Arief Aziz, salah satu public speaker hebat di Indonesia dan katanya sangat mahal *ups. Disini para delegasi diajakan bagaimana cara kampanye, menghimpun masa, presentasi, ngomong dan sejenisnya.

Bagi teman teman yang mau tau detail materinya, saya sangat senang jika ada yang menanyakan langsung dan berdiskusi dengan saya :)

0 komentar:

Posting Komentar

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects