Berbagi Untuk Mereka :)


Naik turun bukit, itu yang saya lakukan beberapa hari ini untuk menuju kawasan SMP 2 Kejajar. SMP 2 Kejajar berada persis diatas bukit.  Setiap pagi, saya dan teman teman melawan dingin dan berjalan menyusuri  tanjakan untuk menuju SMP 2 Kejajar. Ditempuh sekitar 15 menit  dengan jalan kaki dari pondokan mahasiswa KKN.


Sistem Pendidikan
Dispilin dan keras. Begitu kesan pertama yang saya dapatkan ketika menginjakkan kaki di SMP 2 Kejajar. Jangan heran jika melihat guru yang menampar muridnya, jangan heran jika medengar guru yang memaki muridnya.  Itu semua dilakukan agar terbentuk jiwa dispilin dan rasa tanggung jawab pada diri siswa. Anak- anak Dieng memang khas, jika tidak dididik dengan keras, mereka akan malas-malasan saja. Pendapat ini dinyatakan langsung oleh salah satu guru PKN  yang bernama Pak Eko (lulusan filsafat UGM 5 tahun yang lalu, orang Bantul asli-red).  Kegiatan belajar mengajar berlangsung dari jam 7.15 hingga pukul 13.00. Kawasan Dieng merupakan lingkungan yang agamis sekali, jadi ya setiap pagi semua siswanya tadarus bersama.  Kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 2 Kejajar ini tidak jauh berbeda dengan sekolah di Jogja yaitu tari, PMR, musik. Namun, ada satu ekstrakurikuler yang unik dan khas yaitu esktrakurikuler home industry.  Home insutry adalah esktrakurikuler yang mengajarkan tentang industri rumah tangga yang khas di kawasan Dieng yaitu Carica, Terong Belanda. Tidak heran lagi, jika pendidikan ini diberikan sejak usia muda. 

Program KKN, sebuah pengabdian
Belajar bersama dan berbagi ilmu, begitulah aktivitas yang saya (dan anak anak KKN-red) lakukan di SMP N 2 Kejajar.  Beberapa hal yang diberikan untuk siswa SMP N 2 Kejajar adalah pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pelatihan informasi obat, pelatihan  Pertolongan Pertama Pada Kecelakan (P3K), pelatihan public speaking, pembinaan UKS,  English for Fun, penyuluhan bahaya rokok dan NAPZA. 
Metode penyampaian dilakukan dengan permainan, diskusi dan nonton film.  Metode ini saya pilih mengingat anak Dieng memang bandel dan agak pemalas. So, perlu penangangan khusus. Hehehe
games pada training informasi obat

outbond- salah saru materi PHBS
kompeks candi arjuna, tempat outbond PHBS


Pembinaan UKS dan Pelatihan P3K diberikan setiap hari selasa dan kamis pada saat ekstrakurikuler PMR. Penyuluhan bahaya rokok dan NAPZA sudah selesai dilaksanakan pada saat MOS siswa kelas VII.   
saya sedang memberi training public speaking

masih suasana training public speaking

training bahaya rokok dan NAPZA

Senang rasanya bisa mengenal dan berbagi dengan mereka.  Pengalaman ini sangat sangat berkesan banget! Kegiatan yang dilakukan di SMP N 2 Kejajar ini membuat saya semakin ingin untuk bergabung dengan Indonesia Mengajar !

0 komentar:

Posting Komentar

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects