Berani Mengubah - Pandji Pragiwaksono


Judul : Berani Mengubah
Penulis : Pandji Pragiwaksono
Peberbit : Bentang Pustaka
Harga : Rp 31.000
Cetakan Pertama, Desember 2012

Kesadaran adalah matahari, kesabaran adalah bumi, keberanian menjadi cakrawala dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata, begitu Pandji menutup buku ketiganya, Berani Mengubah.

Bosan mendengar ucapan ucapan seperti ini. "Memang kita bisa apa? Kita kan tidak punya kuasa", "Saya ini cuma pelajar, mana bisa saya melakukan sesuatu", "Realistislah, bagi saya fokus saya adalah kuliah atau sekolah" Jika bosan dengan kalimat kalimat tersebut segera baca buku Berani Mengubah. 

Mengubah Indonesia bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, butuh keberanian. Dan keberanian itu akan datang ketika kita memutuskan untuk memulai melakukan tindakan perubahan itu. 

Pahamilah Indonesia, sebelum mengaku cinta, mengaku mendukung dan mengaku mau mengubah. Banyak orang yang pakai batik, celana kain asli Indonesia, sepatu buatan Indonesia tetapi korup dan mencuri hak hak orang lain. Yes, cinta  Indonesia tidak hanya sebatas hal hal simbolis saja ! 

Belajar politik itu perlu. Karena politik adalah hal yang paling delat dengan keseharian kita, bersinggungan langsung dengan kehidupan kita tetapi paling jauh dari benak anak anak muda. Padahal, kita hidup di atas keputusan keputusan politik. Keseharian kitta adalah hasil dari keputusan politik. Begitu pentingnya politik sehingga jika kita biarkan politik dimainkan oleh orang orang yang salah, korbannya adalah kita sendiri! Bahkan buku ini menceritakan kondisi kekinian politik, ekonomi dan hukum yang ada Indonesia. Mulai dari pemerintahan Soeharto sampai SBY dibahas dalam buku ini. Mulai dari isu BBM hingga isu SJSN. Kebhinekaan Indonesia juga disinggung secara terang terangan, paham ateis, pelepasan provinsi dari NKRI dan lainnya. Buku ini berusaha memahami Indonesia dalam berbagai aspek dan fluktuasi keadaanya. Dan fakta fakta inilah yang akan mendorong kita untuk menciptakan perubahan,dengan keberanian.

Ketika usai membaca 195 halaman buku ini, keberanian untuk mengubah akan ditantang, apakah kita akan melaksanakan aksi perubahan yang ditulis pandji disetiap akhir dari bahasan setiap bab. Banyak pemuda yang selalu mempertanyakan kemajuan bangsanya. Padahal, semua sejarah menyatakan bahwa perubahan diawali oleh pemudanya :)

Buku ini saya baca di penghujung tahun 2012 dan saya nobatkan sebagai buku paling bagus sepanjang 2012 ini :) Recomended bangeeet !

0 komentar:

Posting Komentar

lets talk !

 
OH, GOOD DAY! © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects